Konfigurasi Dasar Cisco Packet Tracer




1.PENDAHULUAN
   A.Pengertian

       Packet Tracer adalah alat simulasi visual lintas platform yang dirancang oleh Cisco Systems yang memungkinkan pengguna membuat topologi jaringan dan meniru jaringan komputer modern.
  
   B.Latar Belakang

         Apabila kita akan melakukan suatu pekerjaan menggunakan Peralatan Milik Vendor CISCO maka kita juga harus mengerti konfigurasi pada perangkat tersebut   

   C.Maksud dan Tujuan

        Tujuannya adalah supaya kita dapat mengkonfigurasi perangkat tersebut dengan baik
 
   D.Hasil yang diharapkan
  
      Bisa mengkonfigurasi antara swicth sama 2 komputer di cisco packet tracer

   E.Alat dan Bahan
  • PC/LAPTOP
  • Aplikasi Cisco Packet Tracer
2.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

   10 menit

3.PROSES DAN TAHAPAN PELAKSANAAN

   1.Lalu lakukan konfigurasi IP address host PC0 dengan cara double-klik gambar PC0, selanjutnya klik tab Desktop dan pilih bagian menu IP Configuration sehingga terlihat tampilan seperti gambar berikut.


    2.Lalu lakukan konfigurasi IP address host PC1 dengan cara double-klik gambar PC1, selanjutnya klik tab Desktop dan pilih bagian menu IP Configuration sehingga terlihat tampilan seperti gambar berikut.



    3.Untuk menguji koneksi antara dua node tersebut menggunakan utilitas “ping”. Untuk memulai ping dari PC0 menuju PC1, double-klik PC0 sehingga muncul jendela properties untuk PC0, kemudian pilih tab Desktop, selanjutnya pilih menu Command Prompt sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut ini.




4.HASIL YANG DIDAPATKAN

   Bisa konfigurasi dasar di cisco

5.TEMUAN PERMASALAHAN
   
   -

6.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

   Dari hasil percobaan yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa:
1. Workstation PC0 dan PC1 baru dapat terhubung jika IP address kedua workstation telah dikonfigurasi dengan baik dan benar.
2. Untuk menguji konektivitas antar node dapat menggunakan perintah “ping”. Hasil output perintah ping ada berbagai macam. Yaitu: Reply, Request Timed Out, dan Destination Host Unreachable.

7.REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA

   - 4 EBOOK BELAJAR PACKET TRACER


EmoticonEmoticon