Pengertian Proxy Server


Hasil gambar untuk proxy server

1.PENDAHULUAN
   A.Pengertian

        server proxy adalah server (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien yang mencari sumber daya dari server lain.
   
   B.Latar Belakang

      Ingin mengetahui tentang Proxy Server

   C.Maksud dan Tujuan

      Mengerti dan tahu apa itu fungsinya proxy server

   D.Hail yang diharapkan

      Mengetahui Proxy Server

   E.Alat dan Bahan
  • PC/LAPTOP
  • Koneksi Internet
2.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
 
   15 Menit

3.PROSES DAN TAHAPAN PELAKSANAAN

   server proxy 
 adalah server (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien yang mencari sumber daya dari server lain. [1] Klien terhubung ke server proxy, meminta beberapa layanan, seperti file, koneksi, halaman web, atau sumber lain yang tersedia dari server yang berbeda dan server proxy mengevaluasi permintaan tersebut sebagai cara untuk menyederhanakan dan mengendalikan kompleksitasnya. Proxy diciptakan untuk menambahkan struktur dan enkapsulasi ke sistem terdistribusi. [2] Saat ini, sebagian besar proxy adalah proxy web , yang memfasilitasi akses ke konten di World Wide Web , memberikan anonimitas dan dapat digunakan untuk memotong pemblokiran alamat IP .
     
   Jenis server proxy
 
Server proxy mungkin berada di komputer lokal pengguna, atau di berbagai titik antara komputer pengguna dan server tujuan di Internet.
  • Server proxy yang melewati permintaan dan tanggapan yang tidak dimodifikasi biasanya disebut gateway atau kadang proxy tunneling .
  • Proxy depan adalah proxy yang menghadapi Internet yang digunakan untuk mengambil dari berbagai sumber (dalam kebanyakan kasus di manapun di Internet).
  • Proxy reverse biasanya merupakan proxy yang menghadap ke depan yang digunakan sebagai front-end untuk mengendalikan dan melindungi akses ke server di jaringan pribadi. Proxy reverse biasanya juga melakukan tugas seperti load-balancing, authentication, decryption atau caching.   

Proxy terbalik

Server proxy yang menghubungkan Internet ke jaringan internal.
Proxy reverse mengambil permintaan dari Internet dan meneruskannya ke server di jaringan internal. Mereka yang membuat permintaan terhubung ke proxy dan mungkin tidak sadar akan jaringan internal.
 
Proxy reverse (atau pengganti) adalah server proxy yang tampaknya merupakan server biasa. Permintaan reverse proxy ke satu atau lebih server biasa yang menangani permintaan tersebut. Tanggapan dari server proxy dikembalikan seolah-olah berasal langsung dari server asli, meninggalkan klien tanpa pengetahuan tentang server asal. [4] Proxy reverse dipasang di sekitar satu atau lebih server web. Semua lalu lintas yang datang dari Internet dan dengan tujuan salah satu server web di lingkungan tersebut berjalan melalui server proxy. Penggunaan "kebalikan" berasal dari "proxy depan" pendampingnya karena proxy balik mendekati server web dan hanya melayani kumpulan situs web terbatas. Ada beberapa alasan untuk menginstal server proxy terbalik:
  • Akselerasi enkripsi / SSL: saat situs web aman dibuat, enkripsi Secure Sockets Layer (SSL) seringkali tidak dilakukan oleh server web itu sendiri, namun oleh reverse proxy yang dilengkapi dengan perangkat keras akselerasi SSL. Selanjutnya, host dapat menyediakan "proxy SSL" tunggal untuk menyediakan enkripsi SSL untuk sejumlah host yang sewenang-wenang; menghapus kebutuhan akan Sertifikat Server SSL terpisah untuk setiap host, dengan downside bahwa semua host di balik proxy SSL harus berbagi nama DNS atau alamat IP yang sama untuk koneksi SSL. Masalah ini sebagian dapat diatasi dengan menggunakan fitur SubjectAltName dari sertifikat X.509 .
  • Load balancing : reverse proxy dapat mendistribusikan load ke beberapa server web, masing-masing server web melayani area aplikasi sendiri. Dalam kasus seperti itu, proxy balik mungkin perlu menulis ulang URL di setiap halaman web (terjemahan dari URL yang diketahui secara eksternal ke lokasi internal).
  • Sajikan / cache konten statis: Sebuah reverse proxy dapat membongkar server web dengan menyimpan konten statis seperti gambar dan konten grafis statis lainnya.
  • Kompresi: server proxy dapat mengoptimalkan dan memampatkan konten untuk mempercepat waktu muat.
  • Sendok makan: mengurangi penggunaan sumber daya yang disebabkan oleh klien yang lambat di server web dengan menyimpan konten yang dikirim oleh server web dan perlahan-lahan "memberi makan" ke klien. Ini terutama memberi manfaat pada halaman yang dihasilkan secara dinamis.
  • Keamanan: server proxy adalah lapisan pertahanan tambahan dan dapat melindungi terhadap beberapa serangan khusus OS dan Web Server. Namun, hal itu tidak memberikan perlindungan dari serangan terhadap aplikasi web atau layanan itu sendiri, yang umumnya dianggap sebagai ancaman yang lebih besar.
  • Extranet Publishing: server proxy reverse yang menghadap ke Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan server firewall internal ke sebuah organisasi, menyediakan akses extranet ke beberapa fungsi sekaligus menjaga server di balik firewall. Jika digunakan dengan cara ini, tindakan pengamanan harus dipertimbangkan untuk melindungi sisa infrastruktur Anda jika server ini disusupi, karena aplikasi webnya terkena serangan dari Internet.

4.HASIL YANG DIDAPATKAN

   Tahu apa itu Proxy Server

5.TEMUAN PERMASALAHAN

   -

6.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

   server proxy adalah server (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien yang mencari sumber daya dari server lain.

7.REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA
 
   - https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Proxy_server&prev=search

1 komentar:


EmoticonEmoticon