Cara memblock situs menggunakan metode Address List di MikroTik

Cara memblock situs  menggunakan metode Address List di MikroTik
1.PENDAHULUAN
    A.Pengertian

Block situs adalah tata cara bagaimana kita bisa menggunakan Internet sebaik-baiknya, dengan arti menggunakanya dengan bermanfaat.

   B.Latar Belakang
 
Saat Jam Kerja ataupun saat Sekolah, terkadang ada juga yang tidak menggunakan akses internet dengan bijak seperti mengakses Sosial Media ataupun Youtube pada saat jam kerja, sehingga mengurangi koneksi ( kecepatan ) Internet itu sendiri. Akhirnya kali ini muncul ide untuk memblokir akses menuju Sosial Media.

   C.Maksud dan Tujuan
 
Membatasi pekerja atau siswa agar tidak mengakses Sosmed atau Youtube yang tidak berguna apabila dalam peraturan bekerja dilarang mengaakses yang tidak berguna di saat jam kerja.

   D.Hasil yang diharapkan
 
Ingin memanfaatkan Internet dengan bermanfaat, bukan karena buka website yang tidak berguna dan membuang-buang waktu. Agar pengguna Internet lain bisa menggunakan Internet dengan lancar tanpa ada gangguan koneksi lambat.
  
   E.Alat dan Bahan
  1. Laptop atau PC
  2. Routerboard MikroTik
  3. Kabel UTP untuk client
2.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Kurang lebih 10 menit


3.PROSES DAN TAHAPAN PELAKSANAAN
  • Pertama, kita cari dulu Website ( Situs ) apa yang mau diblokir. Karena menggunakan Metode Address List, maka kita harus mencari IP milik situs tersebut. Hal ini saya menggunakan Terminal ( Shell )  di Linux. Misal kita memblokir " www.detik.com " maka saya mengetikkan perintah dengan perintah " nslookup www.detik.com " maka akan terlihat IP nya seperti gambar di bawah :

  • Nah, langkah berikutnya. Masuk IP => Firewall, lalu pilih Address List pada main menu atas. Kemudian add ( + )  dan masukkan nama situs beserta IP nya, apabila 2 IP mak buatlah konfigurasi yang sama.
  • Kembali ke Menu Firewall tadi, Klik Filter Rules lalu pada menu Chain isikan " Forward " tujuanya adalah menetapkan settingan agar berjalan pada target nantinya.
  • Sedangkan untuk Menu Advanced, pada bagian Address List kita masukan konfigurasi  yang sudah kita buat tadi.

  • Lanjutkan ke menu Action, kita isikan " drop " untuk memutuskan koneksi ke situs yang telah diblokir.

  • Kita uji coba dengan mengakses situs yang telah diblokir tadi, apabila tidak ada respon dari situs tersebut, maka konfigurasi telah berhasil dilakukan.

  

4.HASIL YANG DIDAPATKAN

Kita bisa memanfaatkan blokir ini untuk diterapkan di sekolah karena banyak pekerja disebuah perusahaan ini saat jam kerja buat Sosmed.

5.TEMUAN PERMASALAHAN

Praktekkan hal ini dengan terus menerus supaya mendapatkan keberhasilan

6.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

Dengan menggunakan metode Address List kita dapat memblokir sebuah situs yang mempunyai Lebih dari 1 IPV


7.REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA


EmoticonEmoticon