pengenalan sistem operasi

SISTEM OPERASI
Hasil gambar
1. PENDAHULUAN
    A. Pengertian
        Sistem operasi adalah  suatu jaringan elektronik yang terdiri dari  perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
     B.Latar Belakang
        Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas
    C.Maksud dan Tujuan
       Mengerti apa itu Sistem operasi
   D.Hasil yang diharapkan
      Bisa lebih tau Apa itu Sistem Operasi
2.Jangka waktu pelaksanaan
   Hari Jum'at,3 November 2017. Waktu mengerjakan ini kisaran 30 menit.
3.Proses dan tahapan pelaksanaan
     Proses:mengelola semua proses di sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses tersebut. Banyak proses yang dijalankan bersamaan, dimana setiap proses mendapat bagian memori dan kendali sendiri-sendiri (peran SO), sehingga setiap proses (program) memiliki prinsip :
        -Independent, artinya program-program tersebut berdiri sendiri, terpisah dan saling tidak bergantung.
       -One program at any instant, artinya hanya terdapat satu proses yang dilayani pemroses pada satu saat.
    Tahapan Pelaksanaan:
 1. Membuat dan menguji basis data & jaringan.
Penerapan sistem yang baru atau perbaikan sistem dibuat pada basis data dan jaringan yang telah ada. Jika penerapan sistem yang baru memerlukan basis data dan jaringan yang baru atau dimodifikasi, maka sistem yang baru ini biasanya harus diimplementasikan sebelum pemasangan program komputer.
 2. Membuat dan menguji program.
Merupakan tahap pertama untuk siklus pengembangan sistem yang spesifik bagi programer. Bertujuan untuk mengembangkan rencana yang lebih rinci dalam pengembangan dan pengujian program komputer yang baru.
 3. Memasang dan menguji sistem baru.
Tahap ini dilakukan untuk menyakinkan bahwa kebutuhan integrasi sistem baru terpenuhi.
 4. Mengirim sistem baru kedalam sistem operasi.
Tujuan tahap ini adalah untuk mengubah secara perlahan – lahan sistem lama menjadi sistem baru sehingga perlu dilakukan pemasangan basis data yang akan digunakan pada sistem baru.
4.Hasil yang didapatkan
   Bisa mengetahui Sistem Operasi
5.Temuan permasalahan
    Booting terhenti setelah melaksanakan Post
solusinya:
1.      Instalasi fisik harddisk, setting device, prioritas boot di BIOS bermasalah
2.      Kerusakan pada sistem operasi, mungkin file sistem operasi rusak, hilang, terkena virus, berganti nama atau berpindah folder
6.Kesimpulan yang didapatkan
    Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user.
7.Referensi dan daftar pustaka


EmoticonEmoticon