Materi tentang SOP dan K3

Materi tentang SOP dan K3

1.PENDAHULUAN
   A.Pengertian
      - SOP (Standard Operating Procedure) mengatur bagaimana proses pekerjaan dilakukan, siapa yang harus mengerjakan, siapa yang bertanggung jawab, siapa yang memberi persetujuan, kapan dilakukan, dokumen apa yang harus disiapkan dan keterangan pendukung lainnya.
      - K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja. 
  B.Latar Belakang
     Disini saya akan membahas tentang SOP dan K3
  C.Maksud dan Tujuan
     Memahami tentang SOP dan K3
 D.Hasil yang diharapkan 
     Bisa memahami tentang materi SOP dan K3
 E.Alat dan Bahan
    PC
     Koneksi Internet
2.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
   Hari Kamis, 9 November 2017, dari jam 09.00 sampai jam 10.00
3.PROSES DAN TAHAPAN PELAKSANAAN
   K3, mengapa kita perlu K3?
karena apa kita bekerja tanpa K3 itu nanti bekerja kita akan nyaman, misalkan tempat kerja kita kotor pastinya tidak akan nyaman untuk bekerja, jadi kebersihan, keamanan, dan kesehatan itu kita juga perlu, misalkan tempat yang kotor bisa jadi sarang nyamuk, bahkan hewan-hewan yang lain. Masalah keamana kita bisa cek peralatan sebelum bekerja apakah ada yang bermasalah, apabila ada yang bermasalah kita harus memperbaikinya terlebih dahulu.
4.HASIL YANG DIDAPATKAN
   Bisa mengerti apa itu SOP dan K3
5.TEMUAN PERMASALAHAN
   Diharapkan membaca terus biar tahu apa itu SOP dan K3
6.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
   disini kesimpulannya dalam bekerja kita harus paham dan mengerti tentang SOP dan K3 karena dua komponen itu sangatlah penting dalam proses kita mengerjaka  suatu pekerjaan kita.
7.REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA
   - Modul K3 dan SOP


EmoticonEmoticon